Langsung ke konten utama

Belajar Manfaat Google Digital Garage untuk Bisnis Online.

Sekarang aku mau berbagi pembelajaran mengenai Google Digital Garage Fundamentals of digital marketing, sebenernya hanya menerjemah aja sih ke bahasa indonesia dengan pemahaman aku sendiri.

Kalo kalian semua mau belajar mengenai Google Digital Garage bisa klik tautan berikut:

Oh iya, pembelajaran di web nya gratis kok ^^


Let's get started!

1. Tujuan Kamu Secara Online.

Ada beberapa hal yang bisa menunjang bisnis kamu diantaranya:

- Membangun hubungan dekat di jaringan sosial
- Berjualan online
- Menemukan kustomer baru
- Menyimpan yang sudah ada (ini maksudnya ketika kamu mempunyai database kustomer kamu, atau nomor wa, dan masih banyak lagi yang bisa kamu simpan)

Selanjutnya ada sebuah pertanyaan yang harus kamu jawab.

Mengapa sebenarnya kamu ingin bisnis secara online?
Cuma kamu yang bisa menjawabnya!

Sebelum kamu ingin menyelam atau mendalami digital secara online, ada baiknya pikir lagi secara pasti apa yang ingin kamu capai?

2. Membangun Kehadiran Kamu secara Online.

Ini maksudnya apa sih? Oke jadi gini maksudnya, kamu harus sering-sering berkeliaran di jaringan sosial secara online, sehingga jejak kamu ada. 

Ibaratnya nih, kalo kamu ingin diketahui oleh teman-teman mu di sekolah, kamu harus datang ke sekolah setiap hari kan? Biar temen-temen mu tau kalo kamu hadir ^^

# Langkah Pertama untuk Digital

1. Mempertaruhkan klaim kamu secara online.

Maksud klaim apa nih? Nah, maksud klaim di sini ialah ketika kamu mempunyai nama untuk bisnis yang kamu miliki, atau produk yang kamu punya. Kamu harus mengklaim produk kamu ataupun nama bisnis mu secara online!

Kamu juga mempunyai banyak pilihan untuk kehadiran digital termasuk hal-hal seperti:
- daftar lokal
- website
- aplikasi mobile
- sosial media

Jika kamu dapat menguasai dasar-dasar ini secara benar, maka kamu bisa membuat dunia yang berbeda.
Sekarang ini mudah bagi setiap orang untuk membuat 'rumah online', namun sebuah situs web bisa jadi hal pertama yang datang ke fikiran kita dan kamu tidak perlu memulainya dari sana ^^

Misalnya kamu adalah seorang penata rambut, langkah pertamamu untuk menemukan kustomer online dan ditemukan secara online salah satunya daftarkan toko mu di direktori lokal secara online seperti Google My Business.

Kemudian ketika seseorang mencari di google buat penata rambut di area mu, maka kamu akan muncul di hasil pencarian, tidak diperlukan situs web. Kamu juga bisa memulai sebuah facebook page untuk memberikan kustomer yang berpotensi melihat sekilas ke bisnis mu dan apa yang bisa kamu lakukan. Seperti foto atau video dari beberapa kustomer yang bahagia dengan gaya rambut luar biasa yang telah kamu buat.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan tanpa situs web, tapi pada beberapa point, kamu mungkin ingin membangun rumahmu sendiri di web seperti sebuah toko yang serba ada, dimana pelangganmu secara mudah menemukan segala sesuatu yang mereka butuhkan untuk menjelajahi tentang mu secara online.

Banyak hal yang di impor, seperti kamu mulai merencanakan situs mu untuk memikirkan tentang apa yang  kamu ingin orang lakukan disana.

Sebagai contoh, apa kamu ingin mereka menelpon mu?
Jika begitu, masukkan nomor telpon mu secara jelas di setiap page.

Mungkin kamu ingin mereka menemukan toko mu dengan jelas?
Baiklah, masukkan sebuah peta dan arah perjalanan ke tokomu.

Mungkin kamu ingin membuat janji temu secara online?
Ada sebuah fitur yang bisa kamu bangun di dalamnya.

Atau pada akhirnya, kamu sebenarnya mungkin ingin mereka membeli produkmu secara online dengan menempatkan sebuah pesanan atau mengirimkan pembayaran, itu senua disebut e-commerce, dan ada rentang pilihan dari mudah ke yang lebih kompleks.

Website tidak hanya rumah online, sekarang ini banyak bisnis yang membuat aplikasi mobile untuk kustomer, yang bisa mereka simpan di hp dan tablet nya.

Aplikasi membuka semua jenis pintu digital, misalnya kamu bisa membuat program loyalitas atau secara otomatis mengirim pengingat tentang janji temu mendatang.

Jika kamu ingin orang menemukanmu di web, kamu butuh tonggak (pondasi) yang kamu klaim secara online yang bisa dicantumkan untuk direktori bisnis lokal, kehadiran disitus sosial media, website yang mudah, atau satu dari e-commerce, sebuah aplikasi mobile atau semua yang ada di atas.

Apapun yang kamu pilih, ini adalah tempat dimana orang akan menemukan dan dapat mengetahuimu dan semoga menjadi pelangganmu ^^

Kamu juga bisa belajar Fb Ads lho, ada banyak cara agar kamu bisa menguasai Fb Ads ataupun menjalankan Fb Ads, salah satu nya melalui situs di bawah ini!
https://account.ratakan.com/aff/go/restistygrn?i=2503

Kunci Pembelajaran
- daftar lokal
- media sosial dan video
- website dan aplikasi mobile.

Segini dulu ya pembelajarannya , dilanjutkan di artikel yang lain ^^
Semoga membantu kalian semua yang mau buka bisnis online!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tes Psikotest dan Interview di Pulau Sambu (Guntung)

Hai ketemu lagi nih sama aku hehe.. Semoga kalian semua yang baca artikel ini diberian kelancaran untuk memahami isi nya dan diberikan kelancaran rezekinya aamiin. Oke, kali ini aku mau kasih sedikit pengalaman dalam mengikuti tes psikotes di Pulau Sambu (Guntung) kalian bisa liat web perusahaannya disini  www.sambugroup.com   Oh iya, sebelumnya mau izin dulu nih sama Bapak/Ibu HRD Pimpinan Pulau Sambu karena   sharing pengalaman selama mengikuti tes psikotes ini, disini ga bakal dikasih tau soal-soalnya hanya saja tahap-tahapannya seperti apa. Tujuan dari artikel ini hanya ingin berbagi siapa tau ada temen-temen disini yang bakal mengiuti tes di Pulau Sambu sebagai bahan pembelajaran dan persiapan ^^ Let's Read guys! Singkat cerita kemarin aku alhamdulillah ditelfon oleh HRD Pulau Sambu (Guntung), karena sekarang lagi covid-19 terpaksa mengikuti interview via telfon. Pada saat interview HRD nya memperkenalan diri dengan sangat baik...

Menjadi Semangat dalam Bekerja dari pembuat Sushi terkenal di Jepang, Jiro Ono!

Jiro Dreams of Sushi pict:   cultura.id Udah tau belum sama Jiro Ono? Belum tau ya? Oke, mari kita kenalan sedikit yuk sama Jiro Ono. Jiro Ono lahir pada tanggal 27 Oktober 1925, seorang Chef dan pemilik restauran sushi yang bernama Sukiyabashi Jiro, terletak di Ginza, Chuo, Tokyo, Jepang. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca melalui link ini  https://en.wikipedia.org/wiki/Jiro_Ono_(chef) -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Jiro Dreams of Sushi merupakan sebuah film dokumenter yang ada di netflix, menceritakan tentang pengalaman beliau dalam membuat Sushi, mendirikan restauran Sushi serta mendidik anak nya sebagai penerus usahanya, tidak hanya itu, film dokumenter ini berisi banyak sekali pesan moral serta motivasi buat kita agar selalu semangat dalam bekerja, mencintai pekerjaan, tidak mudah menyerah dalam belajar hal baru, dan tidak boleh patah semangat! Oke...